Selasa, 05 Oktober 2010

Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Fasilitator Musrenbang SUMEDANG

oleh Malaikat Kecilku
                                       DENGAN TERBITNYA perda no.1 tahun 2007
tentang prosedur perencanaan Daerah kabupaten Sumedang menjadi lebih sistematis, terarah, dan partisipatif, dubandingkan daerah lain di indonesia. Agar pelaksanaan  Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) berjalan sebagi forum yang demokratis, dialogis dan egaliter, perlu didukung dan memperoleh olen fasilitator yang baik. Fasilitator ini perlu dikembangkan dan memperoleh pelatihan agar  memeiliki kapasitas yang dibutuhkan.
Pembangunan  daerah sebagai bagian dari pembangunan nasional harus dirumuskan secara seksama, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, sampai pada evaluasi.tahap perencanaan pembangunan merupakan sebuah proses yang paling krusial dan akan sangat menentukan keberhasilan dan efektivitas proses pembangunan pada tahun berikutnya. sehingga semua unsur yang terlibat didalamnya akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan, termasuk diantaranya keberadaan Fasilitator Musrenbang.
Buku  ini merupakan kelembagaan yang menyelengarakaan  pelatihan  untuk fasilitator Musrenbang, mulai dari kelembagaan dan pengorganisasian pelatihan, pembentukan tim pelatih, perekrutan peserta pelatihan, sera contoh kurikulum dan Agenda pelatihan bagi para pasilitator Musrenbang dan tim penyelenggara Musrenbang (TPM). Buku ini di harapkan  dapat bermangfaat bagi Bappeda sebagi lembaga penyelengaraan  Musrenbang, Camat, Kepala Desa, dan para Fasilitator Musrenbang sebagi forum partisipasi antara pelaku pembangunan agar terwujud rencana pembangunan yang lebih baik.

Buku ini dikembangkan sebagi Kerjasama dengan
Forum engembangan Partisipasi Masyarakat (FPPM)
Studio Driya Media, Pusat Pengajian dan Pengembangan Masyarakat
Lokal (P3ML) Kabupaten Sumedang
atas dukungan The Asia Foundation (TAF)

          Diterbitkan oleh:
    Bappeeda Kabupaten Sumedang
Jl.Empang No.1 Jawa Barat
   Telp: 0261-206081
   Fax: 0262-201022 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar